Rabu, 14 Februari 2018

TUGAS 1 (BAB I DAN BAB II)

TUGAS 1 (BAB I DAN BAB II)



1.      Sebutkan data-data yang digunakan (minimal 5 buah) dan sebutkan informasi-informasi yang di hasilkan dalam :
a.      Perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Android
b.      Perancangan Sistem Informasi Akademik berbasis web
c.       Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik secara Online

Jawab :
a.       Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android : 
·         Data yang dibutuhkan : Data barang, data pelanggan, data produsen, data pemesanan, data hutang, data transaksi.
·         Informasi yang dihasilkan : Informasi pelayanan, informasi pemasaran dan promosi, informasi laporan keuangan, informasi laporan penjualan,informasi laporan penjualan omset langsung.

b.      Perancangan Sistem Informasi Akademik berbasis web
·         Data yang dibutuhkan :
·          Data Badan Hukum dan Perguruan Tinggi
·          Data [Fakultas – Departemen – Program studi]
·          Data Dosen
·          Data Mahasiswa
·          Data Alumni
·          Data Mata Kuliah
·          Data Dosen Pengajar Mata Kuliah
·          Data Komponen Nilai Mata Kuliah
·          Data Nilai Mahasiswa
·         Informasi yang dihasilkan :
·          Transkrip Nilai
·          Konversi Nilai Mata Kuliah
·          Keuangan Mahasiswa
·          Bahan Kuliah
·          Back up Data

c.       Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik secara Online
·         Data yang dibutuhkan :
·         Informasi yang dihasilkan :

2.      Uraikan komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan dalam :
a.      Perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Android
b.      Perancangan Sistem Informasi Akademik berbasis web
c.       Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik secara Online

Jawab :
a.       Komponen-komponen Perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Android :
·         Hardware :
ü  Processor : Intel(R) core(TM) 2 duo 2.00 Ghz
ü  Memory : 2 Gb
ü  Harddisk : 288 Gb
ü  Optical drive : DVD ROM Drive
ü  VGA card   : 828 Mb
ü  Keyboard
ü  Mouse
ü  Monitor
·         Software :
ü  Sistem Oprasi : Microsoft Windows 7professional2.
ü  Web Container : XAMPP Win 323.
ü  Database : MySQL4.
ü  Browser : Mozzila Firefox 125.
ü  Web Design : Adobe Dreamweaver CS3
·         DataBase : My SQL
Prosedur : Admin login, sistem meverifikasi login, setelah itu admin dapat menginputkan dan mengupdate data data admin serta mengecek data data ke sistem sepertidata produk, kategori, pemrosesan order, pembatalan order data pengiriman,update data anggota, update data testimoni, data berita, data ongkos kirim. Danoutput yang di dapat dari sistem yaitu konfirmasi login, info data order, infokonfirmasi pembayaran, info data anggota, info testimoni, info pertanyaan.Anggota login, sistem meverifikasi login, selanjutnya anggota dapatmenginputkan data login anggota, item belanja, konfirmasi order, pembatalanorder, konfirmasi pembayaran, update data anggota, testimoni, pertanyaan, danoutput yang di dapat dari sistem info data belanja, info data order, info pengirim,info setatus order, info pembatalan order, info barang, berita.Tamu yang berkunjung mendapatkan info barang, berita, dan dapatmelakukan registrasi, dengan menginputkan data registrasi, pertanyaan, dan akandi konfirmasi registrasi oleh sistem.Pimpinan login, sistem meverifikasi login, selanjutnya pimpinan dapatmelakukan data login pimpinan, data customer support, dan update data pimpinan,serta mendapat output laporan penjualan dari system
·         Petugas :
                            
b.      Komponen-komponen Perancangan Sistem Informasi Akademik berbasis web :
·         Hardware:
ü  KomputerPC
ü  Printer
ü  Disket
ü  usb flashdisk
ü  server jaringan
·         Software
ü  Apache Web server
·         Data base :
ü  MYSQL
Procedure : Pengimplementasian RSM – II dalam bentuk software komputer (dikerjakan sepenuhnya oleh pihak pengembang). Hasil implementasi berupa Software Implementasi tahap – I ( SI – I ). 2. Pengujian SI – I dihadapan pihak Universitas. 3. Penerimaan masukan-masukan perbaikan. Masukan perbaikan disini tidak boleh terlalu berbeda dengan RSM – II, jadi hanya bersifat perbaikan teknis pengendalian software, bukan konsep cara kerja software. 9 4. Perbaikan SI – I dan pengimplementasiannya dalam bentuk SI – II. SI – II adalah software yang dimaksud pada kontrak, sehingga waktu penyerahan SI – II adaah waktu terakhir yang disebutkan dalam waktu kontrak. 5. Instalasi dan Pengujian SI - II selama 1 (satu) bulan, termasuk pelatihan tenaga operator. 6. Instalasi software dan perangkat keras pendukung secara permanen. 7. Penyelesaian kontrak.
·         Petugas :

c.       Komponen-komponen Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik secara Online :

3.      Jelaskan pendekatan-pendekatan pengembangan sistem yang bisa digunakan, dipandang dari :
a.      Metodologi yang digunakan
b.      Sasaran yang akan dicapai
c.       Cara menentukan kebutuhan dari sistem
d.      Cara pengembangannya
e.       Teknologi yang digunakan
Jawab:
a.       Dipandang dari metodologi yang digunakan :
·         Pendekatan Klasik (Clasical approach)
Disebut juga pengembangan tradisional / konvensional adalah pengembangan sistem dengan mengikuti tahapan pada system life cycle. Pendekatan ini menekankan bahwa pengembangan sistem akan berhasil bila mengikuti tahapan pada system life cycle. Tetapi pada kenyataannya pendekatan klasik tidak cukup digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi yang sukses dan akan timbul beberapa permasalahan diantaranya adalah :
1.      Pengembangan perangkat lunak menjadi sulit.
2.      Biaya perawatan atau pemeliharaan sistem menjadi lebih mahal
3.      Kemungkinan kesalahan sistem besar
4.      Keberhasilan sistem kurang terjamin
5.      Masalah dalam penerapan sistem
·         Pendekatan Terstruktur (structured approach)
Pendekatan ini dimulai pada awal tahun 1970, dan dilengkapi dengan alat-alat (tools) dan teknik-teknik (techniques) yg dibutuhkan dalam pengembangan sistem.

b.      Dipandang dari sasaran yang dicapai :
·         Pendekatan Sepotong (piecerneal approach)
Pendekatan yang menekankan pada suatu kegiatan / aplikasi tertentu.
·         Pendekatan Sistem (systems approach)
Pendekatan yang menekankan pada sistem informasi sebagai satu kesatuan terintegrasi

c.       Dipandang dari cara menentukan kebutuhan dari Sistem :
·         Pendekatan Bawah Naik (Bottom Up Approach)
Pendekatan dari level bawah organisasi, yaitu level operasional dimana transaksi dilakukan. Pendekatan ini dimulai dari perumusan kebutuhan untuk menangani transaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan kebutuhan informasi berdasarkan transaksi tsb. (merupakan ciri-ciri dari pendekatan klasik disebut juga data analysis) .
·         Pendekatan Atas Turun
Dimulai dari level atas yaitu level perencanaan strategi. Pendekatan ini dimulai dengan mendefinisikan sarasan dan kebijaksanaan organisasi, kemudian dilakukan analisis kebutuhan informasi, lalu proses turun ke pemrosesan transaksi (merupakan ciri-ciri dari pendekatan terstruktur disebut juga decision analysis)

d.      Dipandang dari cara mengembangkannya :
·         Pendekatan Sistem menyeluruh
Pendekatan yang mengembangkan sistem serentak secara menyeluruh.
(merupakan ciri -ciri pendekatan klasik)
·         Pendekatan Moduler
Pendekatan yang berusaha memecah sistem yang rumit menjadi beberapa bagian / modul yang sederhana (merupakan ciri-ciri pendekatan terstruktur)

e.       Dipandang dari teknologi yg digunakan :
·         Pendekatan Lompatan jauh (great loop approach)
Pendekatan yang menerapkan perubahan menyeluruh secara serentak penggunaan teknologi canggih. Perubahan ini banyak mengandung resiko, juga memerlukan investasi yang besar.
·         Pendekatan Berkembang (evolutionary approach)
Pendekatan yang menerapkan perubahan canggih hanya untuk aplikasi yang memerlukan saja, dan akan terus berkembang.

4.      Sebutkan alat-alat dan teknik-teknik yang bisa digunakan dalam pengembangan sistem ?
Jawab:
1.      Alat Pengembangan Sistem
a.       Flow of Documen (FOD)
FOD adalah suatu diagram yang menggambarkan sistem dokumen dari proses pelaporan yang dapat dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun secara terkomputerisasi (jogiyanto,2011).
b.      Data Flow Diagram (DFD)
Data flow diagram merupakan alat yang digunakan pada metodologi pada pengembangan sistem  yang tersetruktur untuk menggambarkan arus data dalam sistem dengan tersetruktur dan jelas (Jogiyanto,2001).
c.       Sistem Prosedur Diagram
Untuk menggambarkan sebuah prosedur didalam sistem informasi

2.      Teknik Pengembangan Sistem
1.      Teknik Analisis Biaya
Untuk menganlisa besarnya biaya yang dibutuhkan dalam melakukan pengembangan sistem
2.      Teknik Penjadwalan Proyek Sistem
Untuk menganalisa lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengembangan sistem.
3.      Teknik Pengumpulan Data
·         Interview  (wawancara)
·         Obsevasi ( pengamatan)
·         Questioner (membuat daftar pertanyaan)

5.      Sebutkan proyek-proyek sistem yang bisa dikembangkan pada perancangan sistem informasi manajemen pengelolaan sebuah perguruan tinggi.
Jawab:
1.      Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru
2.      Sistem informasi akademik
3.      Sistem informasi pengelolaan keuangan
4.      Sistem informasi pengelolaan lab
5.      Sistem informasi pengelolaan UKM
6.      Sistem informasi pengelolaan penelitian

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com